9 Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Penting!

9 Khasiat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Penting!

Apa manfaat dan khasiat air kelapa untuk ibu hamil?. Apakah bahaya minum air kelapa saat hamil muda?. Dan bolehkah minum air kelapa setiap hari saat hamil tua?.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas mungkin sering muncul di benak Anda, khususnya ketika sedang mengandung.

Barangkali Anda sering mendengar dari beberapa orang yang mengatakan bahwa minum air kelapa muda pada waktu hamil dapat membuat bayi terlahir dengan kulit yang putih dan bersih. Mungkin Anda juga pernah mendengar jika air kelapa boleh di konsumsi ketika usia kandungan memasuki trimester ketiga. Lantas, pendapat mana yang benar?.

Buah kelapa mempunyai kandungan nutrisi yang sangat di butuhkan pada masa hamil. Dan seorang wanita yang sedang mengandung harus betul-betul menjaga asupan nutrisi serta mengetahui aturan minum air kelapa yang benar dan aman.

Jika Anda ingin mengetahui apa saja manfaat dan kegunaan air kelapa untuk ibu hamil, simak pembahasannya di bawah ini!

 

Manfaat Air Kelapa untuk Orang Hamil

Buah kelapa di percaya sangat baik untuk wanita hamil, mulai bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan ingin muntah, hingga berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah.

Apa saja manfaat air kelapa muda untuk orang hamil? Yuk kita simak bersama-sama!

 

Mengurangi Terjadinya Morning Sickness

Pada saat seseorang sedang mengandung, maka akan terjadi perubahan hormon yang bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan sehingga menyebabkan rasa mual dan ingin muntah atau yang biasa disebut dengan Nausea Gravidarum dan Emesis Gravidarum atau yang lebih kita kenal dengan istilah Morning Sickness.

Di samping rasa mual dan ingin muntah, orang yang sedang hamil seringkali mengalami sembelit. Nah, khasiat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama dapat untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

 

Mencegah Dehidrasi

Ibu hamil memerlukan asupan cairan yang lebih banyak, yaitu tiga liter setiap harinya. Nah, air kelapa dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tersebut agar terhindar dari dehidrasi.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa mempunyai kandungan antibakteri dan antivirus alami. Ini bermanfaat untuk meningkatkan imun dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, dapat untuk mencegah terjadinya infeksi virus misalnya flu dan lain-lain.

 

Memicu Pertumbuhan Janin

Hasil dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa air kelapa memiliki kandungan senyawa aktif yang bermanfaat untuk perkembangan janin.

 

Munurunkan Kadar Kolesterol Buruk

Khasiat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh seorang ibu yang sedang hamil.

 

Menjaga Berat Badan

Air kelapa memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah, oleh karena itu bisa berkhasiat untuk mengontrol lemak dan kalori yang di konsumsi oleh bumil sehingga berat badan tetap ideal walaupun ada janin dalam kandungannya yang setiap hari harus di cukupi nutrisinya.

 

Mengatasi Gangguan pada Ulu Hati

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikutnya dapat untuk mengatasi kembung, nyeri ulu hati, dan meredakan gejala maag lainnya. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas yang bisa menyerang lapisan lambung.

 

Mencegah Terjadinya Infeksi pada Saluran Kencing

Kerena terjadi perkembangan rahim seiring dengan bertambahnya usia kehamilan yang bisa menekan kandung kemih, maka ibu hamil sangat rentan terhadap gangguan infeksi saluran kencing. Dan hal tersebut dapat membahayakan janin.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dapat untuk mengatasi masalah tersebut dengan meminumnya secara teratur, karena air kelapa adalah diuretik alami yang bermanfaat untuk mengatasi terjadinya infeksi pada saluran kemih dan memperlancar saat mengeluarkan urine.

 

Memperlancar Sirkulasi Darah

Air kelapa kaya akan kandungan magnesium dan kalium yang dapat membantu kerja jantung ketika memompa darah ke seluruh tubuh. Kalium juga berperan penting untuk membantu ginjal pada saat menyaring darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

 

Baca Juga: Perbedaan Vaksin Sinovac vs AstraZeneca serta Efek Sampingnya

 

Aturan Minum Air Kelapa Saat Hamil

 

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Agar supaya khasiat air kelapa untuk ibu hamil benar-benar dapat di rasakan oleh tubuh, Anda harus mengetahui aturan minum air kelapa secara aman dan benar yaitu sebagai berikut:

  • Minum air kelapa yang masih segar atau fresh dan baru di petik dari pohonnya. Jangan mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan. serta minumlah air kelapa tanpa pemananis tambahan apapun.
  • Untuk mencegah kelebihan kalium dan natrium pada tubuh ibu hamil, konsumsi air kelapa tidak boleh lebih dari 2 gelas dalam sehari.
  • Air kelapa jangan di jadikan sebagai pengganti air putih, karena walau bagaimanapun asupan cairan yang utama adalah air putih. (Baca ulasan Kami sebelumnya dengan judul: Fungsi Air Bagi Tubuh Yang Belum Anda Ketahui).
  • Untuk menghindari terjadinya ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh orang yang sedang hamil, jangan minum air kelapa berbarengan dengan minuman lain yang memiliki kadar natrium dan kalium tinggi.
  • Jika Anda berencana melakukan persalinan melalui operasi bedah caesar, jangan minum air kelapa dua minggu sebelum proses persalinan di laksanakan. Sebab, dapat menyebabkan tekanan darah tidak stabil sebelum dan sesudah di lakukannya operasi tersebut.

 

KESIMPULAN

Walaupun terdapat begitu banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil, bukan berarti Anda boleh berlibahan mengkonsumsinya, karena apapun yang dilakukan secara berlebihan hasilnya pasti kurang baik bahkan bisa berbahaya untuk Anda.

Dan perlu di garisbawahi bahwa air kelapa dapat bermanfaat secara maksimal untuk ibu hamil jika di konsumsi secera teratur dan sesuai dengan aturan minum air kelapa saat hamil.

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan cookie untuk menawarkan Anda pengalaman menjelajah yang lebih baik. Dengan menjelajahi situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami.